Penerapan E-Commerce Mataharimall.com

MatahariMall.com merupakan e-commerce bentukan Lippo Group. Pada tanggal 25 Februari 2015 untuk pertama kalinya Lippo Group mengumumkan akan meluncurkan situs e-commerce ini hingga pada akhirnya MatahariMall.com resmi hadir di dunia bisnis yang berbasis internet pada tanggal 9 September 2015. Sejak kemunculannya di dunia e-commerce, MatahariMall.com digadang-gadang akan menjadi situs e-commerce terbesar dan nomor satu di Indonesia. Untuk pertama kalinya di Asia Tenggara, situs ini menerapkan sistem O2O, yaitu “Online-to-Offline” atau sebaliknya. Sistem ini memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.Layanan O2O diadopsi MatahariMall.com dari Walmart, yang ketika diluncurkan 50% penjualannya berasal dari O2O.

MatahariMall.com menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga. MatahariMall.com didukung oleh perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, yaitu Grup Lippo, yang juga mengelola Matahari Department Store dan Hypermart. Dilansir dari situs resminya, MatahariMall.com menuliskan komitmennya sebagai berikut “Kami percaya bahwa customer adalah sahabat kami. Oleh karena itu, pelayanan customer menjadi prioritas utama. MatahariMall.com akan melayani customer mulai dari pengalaman seru mengakses website kami, pembayaran, pengiriman, hingga customer service.”

Image result for mataharimall
SEJARAH
MatahariMall.com pertama kali diumumkan kehadirannya oleh Grup Lippo pada tanggal 25 Februari 2015.[3] Sejak awal kemunculannya, Grup Lippo menyiapkan MatahariMall.com untuk menjadi situs perdagangan di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, Grup Lippo menganggarkan dana investasi sebesar 500 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar enam triliun rupiah.[4]

Dalam kurun waktu kurang dari enam bulan, Mataharimall.com sudah memiliki lebih dari 400 karyawan yang siap melayani sekitar 200 ribu pelanggan setiap harinya.[5] Pada tanggal 9 September 2015, MatahariMall.com resmi diluncurkan bersamaan dengan dijalankannya program promosi bernama SuperSeptember.[6] Lewat program tersebut, MatahariMall.com memperkenalkan Super Cicilan; sebuah layanan cicilan nol persen untuk semua produk tanpa batas minimum pembelanjaan. Layanan ini belum pernah dilakukan oleh e-Commerce lain di Indonesia.


LAYANAN
MatahariMall.com merupakan eCommerce di Asia Tenggara yang mengadopsi sistem belanja "O2O" (online-to-offline dan offline-to-online), yang memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.[7] Layanan O2O diadopsi MatahariMall.com dari Walmart, yang ketika diluncurkan 50% penjualannya berasal dari O2O.

PERKEMBANGAN E-COMMERCE MATAHARIMALL.COM
PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”) adalah salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang menyediakan perlengkapan pakaian, aksesoris, produk-produk kecantikan dan rumah tangga dengan harga terjangkau. Matahari bermitra dengan pemasok pemasok terpercaya di Indonesia dan luar negeri untuk menyediakan kombinasi barang-barang fashion berkualitas tinggi yang dapat diterima oleh konsumen yang sadar akan nilai suatu produk. Gerai-gerai Matahari yang modern dan luas menyajikan pengalaman berbelanja dinamis dan inspiratif yang membuat konsumen datang kembali dan membantu menjadikan Matahari sebagai department store pilihan di kalangan kelas menengah Indonesia yang tumbuh pesat.
Gerai pertama Matahari, yang merupakan toko pakaian anak-anak, dibuka di daerah Pasar Baru, Jakarta pada tanggal 24 Oktober 1958. Sejak itu, Matahari berekspansi melebarkan jejaknya dengan membuka department store modern pertama di Indonesia pada tahun 1972 dan selanjutnya mewujudkan keberadaannya di seluruh tanah air. Matahari adalah sebenar-benarnya Indonesia: jejak kami tersebar di 140 toko yang terletak di 66 kota, didukung oleh tim beranggotakan 50,000 orang dan lebih dari 1,200 pemasok lokal serta lebih dari 90% pembelian langsung dari sumber-sumber di seluruh Indonesia. Merek eksklusif Matahari yang telah memenangkan penghargaan hanya dijual di gerai-gerai milik sendiri dan secara konsisten berada pada peringkat atas di kelasnya dalam hal gaya fashion, keterjangkauan dan bernilai istimewa sehingga membantu mewujudkan posisi Matahari sebagai department store terpilih di Indonesia. 

Matahari berubah nama menjadi PT Matahari Department Store Tbk (Matahari) sesudah menjadi entitas terpisah dari PT Matahari Putra Prima Tbk (MPP) pada tahun 2009. Asia Color Company Limited, anak Perseroan CVC Capital Partners Asia Pacific III L.P. dan CVC Capital Partners Asia Pacific III Parallel Fund – A, L.P. (bersama “CVC Asia Fund III”), menjadi pemegang saham mayoritas Matahari pada bulan April 2010. Saham Matahari ditawarkan kepada publik oleh Asia Color Company Limited dan PT Multipolar Tbk pada tahun 2013, menarik perhatian dunia dan meningkatkan kepemilikan publik atas Perseroan dari 1,85% menjadi 47,35% sejak 28 Maret 2013. 

Bagaimana Cara Berbelanja di Mataharimall.com?
  1. Login ke MatahariMall.com. Jika belum, daftarkan diri anda ke https://www.mataharimall.com/use/register dan lakukan verifikasi.
  2. Pilih produk favorit Anda. Pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan warna dan ukuran yang diinginkan lalu klik "Beli Aja"
  3. Periksa kembali produk yang Anda pesan. Jika sudahs esuai, klik "Lanjutkan ke Pembayaran"
  4. PilihMetodePengiriman. Produk dapat dikirim ke alamat Anda atau bisa diambil di ratusan lokasi di seluruh Indonesia (O2O).Isi Informasi Pengiriman dan Informasi Tagihan secara lengkap dan klik "Lanjutkan Pembayaran".
  5. Periksa kembali pesanan Anda, pastikan Informasi Pengiriman, Informasi Tagihan, Jenis dan jumlah Produk, Total Belanja sudah sesuai. Masukan Kode Kupon/Voucher jika ada dan klik "Bayar Sekarang".
  6. Pilih Opsi Pembayaran (Kartu Kredit atau Transfer Bank) dan isi data secara lengkap. Klik "Bayar Sekarang" untuk melanjutkan proses.
  7. Apabila pembayaran melalui Transfer Bank, klik "Konfirmasi Bank" setelah Anda melakukan transfer.

Kelebihan dan Kekurangan Mataharimall.com
Kelebihan
  • MatahariMall.com menyediakan situs yang terinci sehingga memudahkan konsumen ketika mengakses laman tersebut. Situs ini mencantumkan layanan pelanggan, seperti cara berbelanja,  info pembayaran, info pengiriman, info pengembalian, dan panduan ukuran.
  • MatahariMall.com menyediakan akun media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sehingga pelanggan dapat lebih mudah mengikuti info terbaru dari MatahariMall.com itu sendiri.
  • Mengadopsi layanan O2O. Dengan menyediakan layanan O2O pelanggan tidak perlu khawatir akan terkena penipuan karena pelanggan dapat mengambil barang yang dibeli secara langsung maupun barang dapat diantar ke alamat pelanggan oleh kurir yang disediakan oleh MatahariMall.com
  • MatahariMall.com yang tergolong pendatang baru di dunia e-commerce, ia berani menawarkan banyak promosi seperti diskon hingga 99% yang sangat menguntungkan pelanggan.
  • Proses yang dilakukan oleh MatahariMall.com setelah pelanggan menyatakan setuju untuk membeli relative cepat, yaitu 3-4 hari kerja untuk wilayah JABODETABEK dan 4-7 hari kerja di luar area JABODETABEK.
  • Menyediakan layanan customer dan kurir yang ramah.
Kekurangan

  • Dengan keberaniannya memberikan diskon hingga 99% membuat beberapa pelanggan menjadi kurang percaya akan promosi tersebut.
  • Walaupun tergolong baru, MatahariMall.com sudah memiliki banyak pelanggan. Ketika pesanan membludag, MatahariMall.com sering kali kewalahan sehingga mengakibatkan keterlambatan pemrosesan barang pesanan.
Tampilan Gambar Mataharimall.com

HOME
LOGIN SECTION

Sumber :
  1. https://www.mataharimall.com/
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/MatahariMall.com
  3. http://jembatanedukasi.blogspot.co.id/2015/12/analisis-e-commerce-mataharimallcom.html?m=1


Komentar

Postingan Populer